You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Teknik Perminyakan

Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau didirikan pada Tgl 22 Mel 1986 berdasarkan Surat Keputusan Kopertis Wilayah-I Medan dengan nomor Surat 0387/0/1986. Pendirian Program Studi ini didasari dan disadari dan kenyataan bahwa Riau adalah penghasil minyak terbesar di Indonesia serta pesatnya perkembangan industri yang mendukung sektor migas membutuhkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas untuk dapat mengisi kesempatan kerja yang tersedia.

Minyak dan Gas Bumi sebagai sumber energi menjadi salah satu motor penggerak pembangunan suatu daerah dan negara. Industri hulu migas merupakan sektor dengan modal besar dan risiko tinggi. Oleh karena itu, dibutuhkan sumber daya yang berkualitas dan kompeten untuk terlibat dalam industri ini. Prodi Teknik Perminyakan UIR berperan untuk membentuk sumber daya yang berdaya saing serta link and match dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Program Studi Teknik Perminyakan memiliki beberapa tujuan keilmuan diantaranya adalah:

  1. Menghasilkan lulusan teknik perminyakan yang bermutu dan berdaya saing nasional dan internasional dan berkarakter religius.
  2. Menghasilkan penelitian, karya ilmiah, dan teknologi pada bidang peningkatan operasi dan produksi minyak dan gas bumi yang dapat memenuhi kebutuhan nasional dan internasional serta berkelanjutan.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat bidang peningkatan operasi dan produksi minyak dan gas bumi yang dapat memberikan nilai tambah dan dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan.
  4. Menjalin kerja sama dengan berbagai mitra untuk meningkatkan kualitas tri dharma perguruan tinggi.

Adapun strategi program studi untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut antara lain:

  1. Penyediaan dan penerapan kurikulum yang adaptif, relevan, dan berkualitas didukung penekanan pada sikap religius untuk dapat meningkatkan kualitas lulusan.
  2. Peningkatan kualitas sumber daya manusia yaitu tenaga pendidik dan kependidikan.
  3. Peningkatan sarana dan prasarana pendukung yang berkaitan dengan proses pembelajaran dan penelitian.
  4. Pengembangan pusat studi untuk mendorong percepatan penelitian dan kolaborasi dengan berbagai pihak menuju keunggulan keilmuan serta aplikasi dengan kebutuhan mitra/masyarakat.
  5. Peningkatan implementasi tridharma terhadap dengan mitra yang sudah memiliki kerja sama maupun mitra yang berpotensi.

Program Studi Teknik Perminyakan telah menetapkan tujuan pendidikan (Program Educational Objectives), yaitu:

  1. Menjadi ahli teknik perminyakan yang sukses, dapat belajar sendiri, mengembangkan, menerapkan, dan memajukan pengetahuan teknis untuk pemecahan masalah teknik dan tujuan desain di organisasi dan masyarakat pada tingkat nasional dan internasional.
  2. Mengembangkan karir dan pendidikan berdasarkan keinginan untuk belajar terus menerus melalui organisasi profesional, pelatihan, dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
  3. Melaksanakan pekerjaan dengan profesional yang unggul, beretika, religius, dan memiliki kepedulian sosial dan ekonomi.

Misi Kami

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan berwawasan global dalam bidang peningkatan operasi dan produksi minyak dan gas bumi.
  2. Menyelenggarakan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi di bidang peningkatan operasi dan produksi minyak dan gas bumi yang bersinergi dengan arah kebijakan nasional dan bertaraf internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang terkait bidang peningkatan operasi dan produksi minyak dan gas bumi untuk memberikan nilai tambah untuk masyarakat lokal, nasional, dan internasional.
  4. Menyelenggarakan integrasi aspek islami ke bagian pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. 

 

Visi Kami

"Menjadi Program Studi Teknik Perminyakan yang berkarakter islami, unggul, kontributif, berdaya saing internasional dalam bidang peningkatan operasi dan produksi minyak dan gas bumi"