You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Alumni Prodi Teknik Perminyakan Raih Beasiswa S2 di Universiti Teknologi Petronas

Salah satu implementasi MoU antara UIR dengan UTP telah dimanfaatkan oleh Prodi Teknik Perminyakan, peluang yang diambil adalah studi S2 bagi alumni. Alhamdulilah, 1 orang alumni yang mendapatkan program S2 di UTP pada awal Januari 2020 nanti, jelas Dr. Eng. Muslim sebagai Ka. Prodi Teknik Perminyakan, Senen 16/09/2019.

Dialah Ully Zakyatul Husna, ST yang telah menyelesaikan studinya tahun 2018 dengan IPK 3,84 berhasil meraih beasiswa S2 di Petroleum Enhineering Department Universiti Teknologi Malaysia tersebut selama 2 tahun yang meliputi biaya tuition fee dan living cost. Diharapkan nantinya alumni Teknik Perminyakan terus meningkatkan pendidikannya baik S2 ataupun S3. Semoga saja setelah Ully menyelesaikan S2 nantinya akan membuka peluang studi S3 dikampus yang mendapat dukungan penuh dari Petronas sebagai perusahaan minyak nasional Kerajaan Malaysia.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan antara UIR dengan UTP adalah research bersama dari kedua belah pihak dan pengiriman mahasiswa UIR untuk visit laboratorium yang dimiliki oleh UTP yang terletak di Perak. Dengan demikian implementasi MoU dengan UTP tersebut terus berkembang dengan berbagai aktivitas sejak di tandatangani pada akhir 2017 yang lalu, ujar Ka. Prodi Teknik Perminyakan.

Ditambahkan  Eng Muslim, sebelumnya Alumni Teknik Perminyakan UIR juga mendapat beasiswa penuh integrated program (S2 sampai dengan S3) di Inha University Korea Selatan atas nama Bop Duana angkatan 2013 yang hingga saat telah menempuh 3 semester di negeri Ginseng.

Selain itu juga Program Studi Teknik Perminyakan terus membangun networking dengan berbagai pihak sejak tahun 2017 yang lalu, diantaranya : Kyushu Univ (Jepang), HCMUT (Vietnam), KAUST (Arab Saudi), Sejong Univ dan Inha Univ (Korea Selatan), UTP dan UTM (Malaysia). Kedepan, Program Studi Perminyakan merintis kerjasama dengan Chulalongkorn Univ (Thailand), Asia Pacific University (Malaysia), Adelaide (Australia), dan China Petroleum University (China), kata Eng Muslim.

“Saya, telah mulai kontak dengan beberapa Universitas untuk menjalin kerjasama sehingga diharapkan alumni prodi teknik perminyakan uir dapat melaksanakan internship program, yaitu : kuliah 1 semester di  Universitas tersebut, serta dapat melanjutkan studi S2”, papar Dr. Eng. Muslim lulusan Korea Selatan ini.

Semoga usaha yang dilakukan ini akan semakin membuat UIR dikenal dan diperhitungkan dilevel Asia Tenggara dalam rangka melaksanakan Visi dan Misi UIR Unggul Tahun 2020 di Asia Tenggara, tutup Dr. Eng Muslim.