You are using an outdated browser. For a faster, safer browsing experience, upgrade for free today.

Riau Science Techno Park (RSP) Kerjasama dengan Pusat Studi Pengembangan dan Peningkatan Produksi Minyak Bumi (PS3PMB)

Fakultas Teknik UIR terus bekerjasama dengan berbagai pihak khususnya dibidang penelitian, dalam rangka mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kerjasama ini tidak hanya sebatas melibatkan pihak internal, tetapi juga melibatkan pihak external yang telah menjadi mitra FT UIR selama ini.

Salah satu mitra FT UIR adalah Riau Science Techno Park yang ikut dilibatkan dalam penelitian yang dipimpin oleh Dr. Eng. Muslim sebagai Ketua Pusat Studi Pengembangan dan Peningkatan Produksi Minyak Bumi (PS3PMB) yang sekaligus sebagai Dekan FT UIR. Penelitian ini terkait dengan Matching Grant dengan University Teknologi Petronas (UTP) periode 2020 sd 2021 yang melibatkan peneliti dari UIR dan UTP.

Tim yang terlibat dalam penelitian ini diantaranya Dr. Sopyan Hadi (RSTP), Dr. Lim (UTP), Annur Suhadi, M.Sc, Rifal Fauzi, ST (Alumni T. Perminyakan UIR), Ummi Hasanah Pertiwi, ST (Alummi T. Kimia UNRI), Ramdhani Asywal, ST (Alumni T. Kimia UNRI), Tasnimul Wahidah, ST (Alumni T. Perminyakan UIR), Jamaludin, ST (Alumni T. Perminyakan UIR) dan Reki Antoni (Mhs T. Perminyakan UIR). Penelitian ini berupaya untuk memanfaatkan bahan dasar Biodesel sebagai solvent yang dapat digunakan di Industri Minyak Bumi.

Tujuan penelitian ini ialah untuk mencari solusi damage reservoir yang disebabkan wax, dengan melihat berbagai macam pengaruh diantaranya, persen solvent terhadap persen dissolution wax, temperatur bottom hole terhadap persen dissolution wax dan berbagai jenis solvent terhadap persen dissolution wax.

Untuk Solvent yang digunakan ialah biodiesel, xylene, dan toluene. Sedangkan sampel Minyak yang diuji paraffinic oil dengan berbagai fraksi wax berasal dari SPR langgak, PT. PHE Siak, BOB PT. BSP-Pertamina Hulu, dan EMP Malacca Straits.

Bahan dasar Biodisel yang digunakan tersebut di proses atau di buat di RSTP sehingga menjadi B100 (100% Biodesel). Bahan tersebut diantarkan langsung oleh Dr. Sofyan Hadi ke FT UIR sebagai bahan yang akan digunakan dalam penelitian ini.

Hingga saat ini, PS3PMB terus berupaya untuk menjalin kerjasama penelitian dengan berbagai pihak khususnya industri migas yang ada di Propinsi Riau ini ucap Dr lulusan Korea Selatan ini.